Iklan

iklan

Iklan

iklan
,

Iklan

iklan

Desa Pangakalan Serik Kecematan Siak Hulu Kabupaten Kampar Menggelar Siarah Kubur Bersama Untuk Menyambut Bulan Suci Ramadhan

JENDELA INFORMASI
Mei 18, 2022, 14:09 WIB Last Updated 2022-05-18T07:09:22Z


PANGAKALAN SERIK , Tingkap.info -  Menggelar siarah kubur bersama tradisi ini sudah di laksanakan dari dulu . Tradisi ini sudah melekat dari dulu sehingga setiap tahunnya pasti di adakan . Siarah kubur bersama ini bertujuan untuk menjaga kelestarian dari nenek moyang terdahulu dan menjalan Sunnah dari Rasulullah Saw dan juga menjalin silaturahmi bersama masyarakat , siarah kubur bersama di adakan tiga hari sebelum puasa sehingga hari selanjutnya biasa itu siarah kubur bersama keluarga yang belum sempat datang ke ziarah kubur bersama. 

"Ziarah kubur ialah adalah satu kegiatan yang melekat erat dengan budaya desa Pangakalan Serik , Melakukan ziarah kubur memang menjadi salah satu kebiasaan yang dilakukan umat Muslim dalam menyambut bulan Ramadan. Dalam kesempatan itu, umat Muslim memanjatkan doa untuk orang-orang yang telah pergi lebih dulu.Pada dasarnya, ziarah kubur bisa dilakukan kapan saja. Hanya saja, jelang Ramadan dan Lebaran kerap dijadikan momen yang istimewa bagi umat Muslim. 

"Ziarah kubur bersama di hadiri oleh ulama-ulama , nenek mamak , tokoh adat dan juga di hadiri oleh kepala desa , masyarakat sangat antosias dengan Tradisi ini sehingga banyak nya warga yang hadir. 

"tentunya kegiatan ini akan menjadi kesempatan bagi seluruh masyarakat untuk saling bersilahturahmi, karna dengan terus melestarikan tradisi  ini bisa membantu supaya generasi selanjutnya masih bisa menjaga kelestarian ini . 

“saya sebagai salah satu masyarakat desa pangkalan Serik  merasa bangga dengan diadakannya tradisi tersebut, sebagai bentuk bahwa masyarakat setempat masih tetap melestarikan tradisi budaya , saya yang melihat dan mengikuti acara ini hingga selesai sangat suka dengan kekompakan yang dimiliki oleh warga desa pangkalan Serik dan juga warga dari desa sebelah juga mengikuti tradisi ini .

Tentang 

Ziarah kubur  diselenggarakan di setiap tempat pemakaman di Pangakalan Serik  Ziarah kubur ini adalah salah satu praktik sebagian besar umat beragama yang memiliki makna moral yang penting. Tujuannya adalah untuk mengingat kembali, meneguhkan iman atau menyucikan diri.

Iklan

iklan