Iklan

iklan

Iklan

iklan
,

Iklan

iklan

Halal Bihalal Setelah Sholat Ied Fitri 1443 H di Kec. Tualang, Kab. Siak

JENDELA INFORMASI
Mei 18, 2022, 12:14 WIB Last Updated 2022-05-18T05:14:26Z

Tingkap.info - Dalam rangka menjalin tali silaturahmi antar sesama masyarakat Kec. Tualang, Kepala Desa Tualang, Bapak Juprianto, menggelar halal bilhalal kepada masyarakat Tualang. Bapak Juprianto menjelaskan bahwa Halal bihalal tersebut dilaksanakan di Lapangan Bambu Kuning pada hari Senin, 02 Mei 2022. Adapun tujuan halal bihalal tersebut dilaksanakan dalam rangka mempererat tali silaturahmi antar sesame masyarakat Desa Tualang dan saling bermaaf-maafan. 

“Alhamdulillah pada hari ini kita bisa melaksanakan halal bihalal seperti pada tahun sebelumnya, dan pada hari ini Senin,02 Mei 2022 kita kembali melaksanakan halal bihalal yang dilaksanakan di Lapangan Bambu Kuning ini.” Jelas Juprianto.

“Momen hari raya Ied Fitri hingga saat kini masih terasa hangat dengan adanya acara halal bihalal yang marak dilakukan, halal bihalal ini yang memiliki makna saling melegakan atau melepaskan. Halal bihalal sudah menjadi tradisi disetiap tahunnya pada saat hari raya Ied Fitri tiba.” Ucap tokoh masyarakat.

“Hari raya Ied Fitri 2022 menjadi momen untuk saling meminta maaf dan memaafkan kesalahan-kesalahan yang telah diperbuat, agar saat hari lebaran, setiap orang terhapus segala dosa dan kembali ke fitrahnya. Halal Bihalal tidak hanya dilakukan di lingkungan keluarga saja, namun juga dilaksanakan baik dalam lingkup pekerjaan, pendidikan, hingga kelompok-kelompok.” Ujar Aisyah.

Halal bi halal diselenggarakan setelah sholat Ied Fitri, dengan bermaaf-maafan satu sama lain, disini para Jemaah atau masyarakat setempat berkeliling mengelilingi jamaah yang lain secara bergantian dan teratur. Tradisi ini dilakukan khusus pada Ied Fitri saja, hikmah dilakukan halal bi halal ini supaya dapat mempererat tali silaturrahmi antar masyarakat. 

Tentang Halal Bi Halal

Halal bi halal menjadi tradisi yang dilakukan masyarakat Tualang, kegiatan ini dilakukan dengan tujuan menumbuhkan dan membumikan konsep ahlusunnah wal jamaah. Dengan kegiatan tersebut diharapkan masyarakat Tualang dapat mempererat tali persaudaraan, kemanusiaan, dan kebangsaan. Tradisi ini masih dilaksanakan hingga saat ini. Kegiatan silaturrahmi ini bahkan dilakukan oleh masyarakat setiap perayaan Idul Fitri hingga kini baik dalam lingkungan keluarga besar hingga kerabat dan teman dekat.






Penulis : Aisyah

Email : aisyahperawang64@gmail.com

Hp : 0853-7670-2721

Iklan

iklan