Iklan

iklan

Iklan

iklan
,

Iklan

iklan

Lepat Banjar yang Menjadi Menu Khas Perayaan Idul Fitri diatas Tanah Melayu Kota Pekanbaru Riau

JENDELA INFORMASI
Mei 17, 2022, 21:20 WIB Last Updated 2022-05-17T14:26:29Z

 

Tingkap.info - Pada peringatan hari raya Idul Fitri, tak heran para masyarakat di Kota Pekanbaru nya menghidangkan Rendang sebagai hidangan untuk para kerabat, tamu dan lain-lainnya. Lepat banjar pun tak luput dari hidangan yang tersaji untuk para kerabat, tamu dan lain-lainnya. 

Memasak lepat banjar yang merupakan campuran dari santan dan beras yang nantinya dilapisi oleh daun pisang. “Lepat banjar biasanya dihidangkan bersama opor ayam dan rendang. Lepat banjar tahan untuk beberapa hari dan sering disajikan untuk para kerabat dan tamu yang berdatangan kerumah saat Idul Fitri” ujar Siti, ibu rumah tangga yang beralamat di Jalan Kubang Raya, Kota Pekanbaru, Riau.

Setelah pelaksanaan shalat Idul Fitri, para warga biasanya akan langsung berkunjung bersama kerumah-rumah warga. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk saling meminta maaf dan tak lupa untuk mempererat tali silaturrahmi antar warganya. Tidak lupa rumah ibu Siti yang dikunjungi oleh warga-warganya, dan pada saat itulah para warga akan menikmati hidangan favorit dirumahnya yaitu lepat banjar yang dibuat oleh Ibu Siti tersebut.

“Lepat Banjar dicampur opor ayam ini sangat nikmat dan selalu menjadi hidangan favorit para warga ketika berkunjung kerumah Ibu Siti” ujar salah satu warga. Tidak jarang para anggota keluarga atau anak-anak Ibu Siti tidak kebagian Lepat Banjar tersebut. Oleh sebab itu tidak heran jika lepat banjar tersebut cepat ludesnya.

Lepat banjar sudah menjadi tradisi makanan yang harus ada disetiap Lebaran Idul Fitri tiap tahun nya bagi Ibu Siti dan keluarga.



Penulis : Husnul Inayah

Email : husnulinayah11@gmail.com

Hp : 085263589448

Iklan

iklan