Iklan

iklan

Iklan

iklan
,

Iklan

iklan

Memeriahkan Hari Raya Idul Fitri dengan menggelar acara Panjat Pinang Bersama masyarakat Desa Lubuk Bendahara Timur

JENDELA INFORMASI
Mei 18, 2022, 10:31 WIB Last Updated 2022-05-18T03:33:12Z


Tingkap.info - Event yang digelar di lapangan terbuka lubuk bendahara timur itu ramai didatangi warga yang datang dari berbagai desa, bukan desa lubuk bendahara Timur saja melainkan desa lubuk betung, desa alahan, desa lubuk bendahara. Acara panjat pinang ini adalah acara yang tiap tahun diadakan setelah lebaran idul fitri. Panjat pinang ini disedikan 10 batang yang nantinya akan dinaiki oleh anak-anak, kalangan remaja, dan untuk kalangan bapak-bapak. 

Acara panjat pinang ini dihadiri, kepala desa lubuk bendahara timur yaitu bapak Fahri Abdullah, Tokoh masyarakat Bapak Iskandar Candra, “disampaikan oleh Kepala Desa bahwa kegiatan panjat pinang ini diselenggarakan dalam rangka sebagai hiburan untuk masyarakat dan juga untuk memeriahkan hari besar islam Idul Fitri 1443 Hijriyah. Bapak Fahri juga mengatakan ribuan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat untuk acara ini serta dukungan dan masukan dari masyarakat yang ada di desa Lubuk Bendahara Timur ini sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar”

Acara ini adalah salah satu upaya agar tidak menghilangkan tradisi, melainkan untuk melestarikan tradisi yang sudah ada, bapak Fahri Abdullah juga berharap untuk kedepannya kegiatan ini dapat terlaksana kembali. Panjat pinang ini juga mengandung nilai-nilai kerja keras, gotong royong, dan yang paling utama adalah kesabaran untuk bisa naik diujung pohon pinang tersebut. 

Selanjutnya, disampaikan juga oleh Salah satu tokoh masyarakat yaitu bapak Iskandar candra, ia “ menyampaikan bahwa didalam kegiatan inilah kesempatan untuk kita masyarakat didesa Lubuk Bendahara Timur dan desa-desa lainnya untuk saling menguatkan silaturahmi antar sesama dalam acara perayaan Idul Fitri”.

Saya selaku mahasiswa semoga, kegiatan ini nantinya atau kedepannya dapat berlangsung dengan aman, lancar dan yang dan tidak hilang dari tradisi yang sudah ada. serta, dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan serta kekompakan di antara warga masyarakat Lubuk Bendahara Timur”. 

Tentang tradisi panjat pinang

Panjat pinang adalah salah satu lomba yang dilakukan dengan cara memanjat pohon pinang, kemudian batang pinang itu diberi sabun batang untuk membuat pohon itu licin, supaya nantinya orang yang naik kesusahan, dimana makna panjat pinang ini adalah mereka yang naik tadi harus bisa bekerja sama dan berkorban antara satu dengan yang lain, baik yang dibawah maupun yang diatas.



Penulis : Luthfiatul Hasanah

Email : luthfiatulhasanah18@gmail.com 

Iklan

iklan