Iklan

iklan

Iklan

iklan
,

Iklan

iklan

Merayakan Lebaran Idul Fitri 2022 Didesa Pangkalan Indarung Kabupaten Kuantan Singingi Dengan Acara Pacu Sampan

JENDELA INFORMASI
Mei 18, 2022, 13:39 WIB Last Updated 2022-05-18T06:41:41Z

Tingkap.info - Acara pacu sampan merupakan sala satu Kegiatan yang dilakukan untuk memeriahkan lebaran idul fitri. Pacu sampan diadakan disungai Pangkalan Indarung yang dinamakan sungai lubuak larangan, pacu sampan ini merupakan salah satu tradisi yang berasal dari kabupaten Kuantan Singingi, pacu sampan ini ditampilkan ketika acara hiburan yang dilaksanakan didesa Pangkalan Indarung dan dimainkan oleh para remaja.

Pacu sampan adalah perayaan local dalam rangka memperingati hari raya idul fitri ujar pemuda opriynto saputra, yang dilakukan oleh masyarakat pangkalan indarung disungai lubuak larangan kabupaten Kuantan Singingi.

Acara ini dihadiri oleh kepala desa, niniak mamak, pemangku adat dan juga masyarakat setempat selain itu terdapat acara seperti panjat pinang, gigit sendok, pacu lari, main bola, takraw, tenis meja, bola voli, domino.

”acara ini sudah ada sejak dulu yang mana kegiatannya disusun oleh para pemuda dan pemudi desa Pangkalan Indarung. semangat pemuda pemudi ini layak untuk diapresiasi karena kalau bukan karena mereka acara dan tradisi didesa Pangkalan Indarung tidak akan berjalan semaksimal mungkin. Saya selaku kepala desa mengucapkan terimakasih banyak kepada pemuda pemudi setempat.” Ujar kepala desa Pangkalan Indarung bernama Ilut.

“Menurut saya, selaku pemuda Pangakalan Indarung yang mengikuti acara pacu sampan sangat gembira dengan acara ini karena acara ini merupakan suatu tradisi yang sangat dinantikan diwaktu acara lebaran idul fitri. pesan saya kepada pemuda pemudi  lainnya agar bersama sama melestarikan setiap budaya yang ada didaerah kita masing-masing.”

Tentang

Pacu sampan berasal dari kabupaten Kuantan singing,pacu sampan dilaksanakan didesa Pangkalan Indarung tepatnya disungai lubuk larangan.






Penulis : Noprizal

Email : Noprizal748@gmail.com

Hp : 082260675178

Iklan

iklan