Iklan

iklan

Iklan

iklan
,

Iklan

iklan

Rayakan Malam 1 Syawal 1443, Warga Sidomulyo Menerbangkan 100 Lampion dan Pawai Obor Keliling Dusun Sidomulyo

JENDELA INFORMASI
Mei 17, 2022, 21:25 WIB Last Updated 2022-05-17T14:25:47Z

SELATPANJANG Tingkap.info - Dalam memeriahkan hari kemenangan Hari Raya Idul Fitri 1443, warga masyarakat dusun Sidomulyo menggelar acara penerbangan l00 lampion yang sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Sidomulyo. Penerbangan 100 lampion dilaksanakan pada Minggu (1/4/2022) di halaman masjid Darul Muttaqin Dusun Sidomulyo ba’da Isya sebelum dilaksanakan pawai obor keliling dusun Sidomulyo. 

Adanya 100 lampion yang menghiasi langit-langit di malam hari yang menjadi pusat perhatian masyarakat setempat dan orang yang melihatnya karena keindahan lampion ketika diterbangkan. 

Banyak masyarakat datang dan memadati ruas jalan dan halaman masjid untuk ikut serta dalam menerbangkan 100 lampion ke udara secara bersama-sama. Penerbangan 100 lampion sebelumnya sudah ada dilakukan, namun dua tahun sebelumnya ditiadakan karena pandemi covid 19.

Setelah penerbangan 100 lampion dilanjutkan dengan pawai obor keliling dusun Sidomulyo diikuti oleh pemuda-pemudi Sidomulyo dan masyarakat setempat juga. Pawai obor dilaksanakan dengan berjalan kaki dimulai dari halaman masjid Darul Muttaqin Sidomulyo.

“kegiatan ini selalu diadakan oleh pemuda-pemudi Sidomulyo untuk memeriahkan malam hari Raya Idul Fitri setiap tahunnya, namun dua tahun sebelumnya ditiadakan karena pandemi covid 19, dan ditahun ini Alhamdulillah bisa terlaksanakan”ujar salah satu warga setempat.

Warga lainnya, Siti mengaku senang karena bisa menghadiri dan ikut serta dalam kegiatan penerbangan lampion dan pawai obor keliling ini.

“Saya merasa senang pada tahun ini penerbangan lampion dan pawai obor masih bisa diadakan, karena dua tahun sebelumnya sempat ditiadakan karena terhalang pandemi covid 19” ucapnya.

Kemeriahan pawai obor keliling terlihat dari ramainya antusiasme warga baik dari kalangan anak-anak, remaja, hingga dewasa.

Sebagian warga juga terlihat menggenggam obor dari bambu dan sebagiannya lagi ikut berjalan dibelakangnya sembari terus melantunkan gema takbir. 

Pawai obor sudah menjadi kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya dalam menyambut malam takbiran atau Hari Raya Idul Fitri. Tradisi pawai obor menjadi salah satu bentuk rasa suka cita di malam takbiran.




Penulis : Devi Sugianti

Email : devisugianti9181@gmail.com

Hp : 082285099042

Iklan

iklan