Iklan

iklan

Iklan

iklan
,

Iklan

iklan

Silatuhrahmi di Hari Raya Masyarakat Desa Malintang Jae

JENDELA INFORMASI
Mei 18, 2022, 10:55 WIB Last Updated 2022-05-18T03:55:25Z


Tingkap.info - Acara silaturahmi Mayarakat Desa Malintang Jae di saat Hari Raya idul fitri 1443 H.

Mandailing Natal, 18 Mei 2022, Menjelang Hari Raya idul Fitri adalah momen di mana kesempatan setiap masyarakat desa untuk saling silaturahmi dan saling memaafkan. Hari pertama lebaran tepat di tanggal 2 Mei 2022 menjadi tradisi tersendiri bagi masyarakat untuk saling mengunjungi rumah tetangga atau saudara-saudaranya.

“Menjalin silaturahmi antar masyarakat akan membuat tali persaudaraan semakin erat. Saya berharap kebiasaan ini akan terus dipertahankan,” ujar Reyhan, kepala desa Malintang Jae.

“Saling mengunjungi rumah tetangga atau saudara merupakan suatu hal yang sangat dianjurkan oleh Rasul. Mempererat tali silaturahmi apalagi di hari yang suci akan meningkatkan rasa kecintaan terhadap sang Khalik dan sesama manusia,” kata Arsyad selaku tokoh masyarakat di desa itu.



Setelah melaksanakan sholat hari raya di lapangan depan kantor camat desa malintang jae, masyarakat akan mengunjungi ziarah kubur di pemakaman keluarga masing-masing. Kemudian terlepas dari itu, masyarakat akan saling kunjung mengunjungi rumah ke rumah. Dari tetangga terdekat sampai dengan saudara yang berada di kampung sebelah. Biasanya kampung satu dan kampung satunya akan saling mengunjungi rumah sembari membawa makanan khas di hari raya, seperti lemang atau kue Bangkok.

“Desa malintang Jae ini memiliki ciri khas tersendiri dari silaturahmi di desa yang lainnya di Mandailing Natal,” ucapku, Mahasiswi Uinsuska Riau.

Acara silaturahmi di desa malintang jae ini sudah sangat lama berjalan dari tahun ke tahun. Menjadi suatu kebiasaan yang akan mempererat tali persaudaraan antar sesama. Apalagi di hari Raya Idul Fitri yang membuat haru suasana akan kebersamaan sanak saudara untuk berkumpul di kampung halaman.

TENTANG

Desan malintang jae, Kabupaten Mandailing Natal di Hari Raya Idul Fitri selalu melaksanakan acara silaturahmi dengan saling berkunjung ke rumah-rumah tetangga dan saudara, saling mengunjung dari desa ke desa. Saling membawa makanan khas desa tersebut yaitu Lemang dan kue Bangkok yang menjadi ciri khasnya.





Penulis : Zyakia Awansyah

Email : Zyakiaawansyah2002@gmail.com

Hp : 082272762734


Iklan

iklan