Iklan

iklan

Iklan

iklan
,

Iklan

iklan

Resmi Beni Candra di Angkat Sebagai Datuk Bendaro

JENDELA INFORMASI
Agustus 16, 2022, 13:08 WIB Last Updated 2022-08-16T06:08:40Z

Teluk Kuantan, Tingkap.info - Resmi Beni Candra diangkat sebagai Datuk Bendaro XVI Antau Singingi, acara ini diadakan di Singingi tanggal (11/08/2022) 

Acara Pengangkatan Gelar Datuk Bandaro ini juga di hadiri oleh Datuk Nan Batujuah, Penghulu dan Monti Se-Antau Singingi (Singingi/Singingi Hilir) Datuk Bandaro merupakan urang godang datuk nan baduo sebagai pamuncak adat antau singingi. 

Prosesi acara pengangkatan gelar di Muaralembu juga dihadiri oleh Soko Suku Piliang Bawah di rantau dari Pekanbaru, dan Sungai Pinang. 

Terlihat para pemangku adat disambut oleh dubalang layaknya prosesi adat tempo dulu.

"Datuk Bendaro mengatakan permintaan maaf kepada pihak yang ingin hadir di acara tersebut  namun tidak dapat undangan, karena acara ini khusus untuk adat se-Antau Singingi dan hanya dihadiri oleh unsur Pemerintah di Kecamatan Singingi, soko/limbago ingin satu perasaan dengan dunsanak ulak mudiak dalam acara yang sakral sesuai adat," Ujarnya.

Dalam Memenuhi keinginan Penghulu dan Monti Se-Antau Singingi dengan tujuan menggelar acara adat tahunan atau olek antau Datuk Bendaro berjanji akan berusaha melaksanakannya demi menanamkan nilai-nilai adat sebagai pembentuk karakter cucu kemenakan, persatuan dan kesatuan bangsa. 

Walaupun wilayah antau singingi terpisah secara pemerintahan namun menyatu di dalam adat ba Ibu ke Tanjung Pauh, ba Bapak Ke Pangkalan Indarung, Barajo ke Tanah kojan dan istimewa luak di Loge itulah kesatuan wilayah adat Antau Singingi.


Penulis : Nurhadi

Iklan

iklan