Iklan

iklan

Iklan

iklan
,

Iklan

iklan

Selamat Milad HMI ku yang ke 76 tahun tetap jadi yang terbaik untuk umat dan bangsa. Yakin Usaha Sampai

JENDELA INFORMASI
Februari 05, 2023, 16:11 WIB Last Updated 2023-02-05T09:11:33Z

Indragiri Hilir, Tingkap.info - HMI didirikan di Yogyakarta tanggal 14 Rabiul Awal 1366 Hijrah yang 5 Februari 1947. Sosok Lafran Pane menjadi pemrakarsa lahirnya organisasi mahasiswa tersebut.

Lafran mendirikan HMI sebagai wadah untuk mahasiswa yang beragama Islam. Ada dua hal yang menjadi tujuan HMI didirikan saat itu, yakni mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan mempertinggi derajat rakyat Indonesia, serta menegakkan dan mengembangkan ajaran Agama Islam.Organisasi yang didirikan Lafran Pane yang lahir di Tapanuli Selatan itu kini berubah menjadi organisasi mahasiswa terbesar di Indonesia. Saat ini HMI memiliki ratusan cabang di berbagai kabupaten/kota.

HMI sudah melakukan melaksanakan Kongres sebanyak 31 kali. Kongres terakhir digelar di Surabaya pada tahun 2021 yang lalu, dan mendapuk Raihan Ariatama menjadi ketua umum.

Banyak tokoh-tokoh bangsa Indonesia yang pernah mencicipi kaderisasi di HMI. Seperti Nurcholish Madjid, Akbar Tanjung, Mahfud MD, Jusuf Kalla, Anies Baswedan, Abraham Samad, Yusril Ihza Mahendra, Hamdan Zoelva, dan masih banyak lagi tokoh-tokoh bangsa ini yang berasal dari HMI.

"Selamat Milad HMI 76 tahun. Tetaplah pada tujuanmu memertahankan kemerdekaan Indonesia, memertinggi derajat rakyat Indonesia, serta menegakkan dan mengembangkan ajaran Islam''


Penulis : M. Sahril Muhrin. S. Sos

Iklan

iklan