Iklan

iklan

Iklan

iklan
,

Iklan

iklan

OPINI : PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR

JENDELA INFORMASI
Mei 30, 2024, 20:19 WIB Last Updated 2024-06-02T08:43:12Z


Penetapan pembelajaran tematik dalam pembelajaran di kelas rendah SD tidak terlepas dari perkembangan akan konsep pendekatan terpadu itu sendiri. Karena pada dasarnya pembelajaran tematik merupakan terapan dari pembelajaran terpadu. Pendekatan terpadu berawal dari konsep interdisipliner dalam kurikulum terpadu yang dikemukakan oleh Jacob (1989). Kurikulum terpadu cenderung lebih memandang bahwa suatu pokok bahasan harus terpadu (integrated) secara menyeluruh.


Keterpaduan ini dapat dicapai melalui pemusatan pelajaran pada satu masalah tertentu dengan alternatif pemecahan melalui berbagai disiplin ilmu atau mata pelajaran yang diperlukan. Sehingga batas-batas antara mata pelajaran dapat ditiadakan. Kurikulum terpadu memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar secara kelompok maupun individu dengan lebih memberdayakan masyarakat sebagai sumber belajar, memungkinkan pembelajaran bersifat individu terpenuhi.


Pendekatan terpadu menekankan pada keterkaitan (linkages) dan keterhubungan (relationship) antar berbagai disiplin. Sifat keterhubungan antar disiplin itu pada kenyataannya melahirkan sejumlah variasi, yang memiliki makna yang tidak persis sama ( Jacob, ED.,1989).diantaranya adalah sebagai berikut :

a. Paralel disiplin ; Pembelajaran yang mengurutkan suatu pelajaran dengan pelajaran lain berkenaan dangan suatu isu atau konsep yang sama . 

b. Lintas disiplin atau crossdisciplinary ; Pembelajaran yang memandang satu bidang studi dari perspektif bidang studi lain .

c. Pluridisiplin ; Pembelajaran yang menghubungkan antar dua bidang studi yang berbeda dengan menggunakan sebuah tema.

d. Multidisplin ; Pembelajarn yang bertolak dari suatu tema dengan mengusung satu bidang studi inti, dan menyertakan pula bidang studi lain. Tak ada upaya untuk menghubungkan antarbidang studi.

e. Interdisiplin ; Pembelajaran yang secara sadar menghubungkan tujuan ,isi, dan kegiatan belajar dari berbagai bidang studi yang berbeda untuk menggali sebuah tema 

f. Keterpaduan hari atau integrated-day; Progam pembelajaran sehari (full day progam) yang didasarkan atas tema utama dan masalah yang muncul dari dunia anak. Penekananya pada suatu pendekatan organic terhadap kehidupan kelas yang berfokus pada kurikulum yang digali dari pernyataan dan minat anak.

g. Progam lengkap atau complete progam ; Pembelajaran yang bertolak dari kurikulum yang bersumber dari kehidupan siswa. Ini adalah bentuk terekstrim dari interdisiplin dan progam intergratif yang total karena kehidupan siswa sama dengan sekolah


Bertolak dari konsep pendekatan terpadu yang dianut Jacob tersebut, Fogarty (1991:14) menyatakan bahwa ada 10 model integrasi pembelajaran, yaitu model fragmented, connected, nested, sequenced, shared , webbed, threaded, integrated, immersed, dan networked. Modelmodel itu merentang dari yang paling sederhana hingga yang paling rumit, mulai dari separadetsubject sampai eksplorasi kerpaduan antar aspek dalam satu bidang studi (model fragmented, connected nested), model yang menterpadukan antar berbagai bidang studi (model sequenced, shared,webbed, threaded, intergrated), hingga menterpadukan dalam diri pembelajar sendiri dan lintas pembelajar (model immersed dan network).


Dalam tahap pelaksanaan model pembelajaran tematik secara umum terbagi dalam tiga tahapan, yaitu pembukaan atau pendahuluan/eksplorasi, kegiatan inti/elaborasi, dan kegiatan penutup/konfirmasi.


Dalam implementasi pembelajaran tematik terdapat tiga hal yang harus disiapkan, yakni penyusunan perencanaan pembelajaran, penerapan atau pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran tematik (Hajar, 2013:82).



PENULIS : DEA MUSTIKA, S.Pd., M.Pd.

Chintia Putri Ardya P. (236910077)

Miftahul Hafizah  (236910372)

Nabila Afrila  (236910029)

Nahdiani Syaidah Harahap (236910517)

Iklan

iklan