Iklan

iklan

Iklan

iklan
,

Iklan

iklan

Bacalon Wabup Meranti Iskandar Budiman Hadiri Acara Syukuran 7 Bulan Desa Mekar Sari

JENDELA INFORMASI
September 11, 2024, 14:14 WIB Last Updated 2024-09-11T10:59:54Z

 

 

Meranti, Tingkap.info -- Budaya syukuran kehamilan ini banyak dilakukan di Indonesia, khususnya bagi masyarakat Jawa. Tujuan dari acara ini tidak lain adalah sebagai ungkapan rasa syukur atas nikmat yang diberi Allah SWT sekaligus mendoakan jabang bayi agar selalu dalam lindungan Allah SWT sampai waktu kelahirannya tiba.


Iskandar Budiman, salah satu bakal Calon Wakil Bupati Kepulauan Meranti  hadir dalam acara syukuran dan doa di kediaman Bapak M Ikbal dalam rangka memperingati kehamilan 7 bulan Ibu Koniah, istri Bapak M Ikbal Desa Makar Sari kecamatan Merbau, Rabu (11/09/2024).


Acara syukuran ini diisi dengan pembacaan Surah At-Taubah, yang dipimpin oleh salah satu tokoh agama setempat. Tradisi ini mencerminkan kepercayaan dan penghormatan masyarakat Jawa terhadap proses kehamilan, sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas kesehatan dan kelancaran kehamilan hingga usia 7 bulan.


Pada kesempatan itu, Iskandar Budiman menyampaikan rasa syukurnya bisa hadir dan ikut berdoa untuk keselamatan Ibu Koniah serta calon bayi yang dikandungnya. 


“Acara seperti ini adalah warisan budaya yang kental akan makna spiritual dan kebersamaan. Semoga Ibu Koniah dan anak yang dikandungnya selalu dalam lindungan Allah SWT,” ujarnya.


Selain pembacaan doa, acara tersebut juga menjadi ajang silaturahmi antar tetangga dan keluarga besar, mempererat hubungan sosial di lingkungan sekitar. Syukuran ini berlangsung khidmat dan penuh harapan agar proses kelahiran nanti berjalan lancar dan tanpa kendala.


Tradisi syukuran kehamilan 7 bulan atau yang biasa disebut dengan “mitoni” ini masih sering dilakukan di berbagai daerah di pulau Jawa, sebagai simbol doa dan harapan bagi kesehatan ibu dan anak yang akan segera lahir.

Iklan

iklan