Iklan

iklan

Iklan

iklan
,

Iklan

iklan

Bupati Asmar Pimpin Upacara Hari Perhubungan Nasional di Meranti

JENDELA INFORMASI
September 17, 2024, 11:00 WIB Last Updated 2024-09-17T04:00:45Z


MERANTI - Pelaksana tugas (Plt) Bupati Kepulauan Meranti, AKBP (Purn) H. Asmar, Memimpin Upacara Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) Tahun 2024, Selasa (17/9/2024), di Halaman Kantor Dinas Perhubungan Kepulauan Meranti, Jalan Sorak Selatpanjang. 


Dalam kesempatan itu Asmar membacakan pidato dari Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. 


Peringatan Harhubnas dapat dimaknai sebagai momentum untuk melakukan refleksi terhadap bakti dan karya yang telah diberikan di bidang transportasi untuk bangsa dan negara. Sesuai dengan tema peringatan Harhubnas tahun ini yaitu Transportasi Maju Nusantara Baru.


"Saya mengajak seluruh pemangku kepentingan sektor transportasi untuk menilik kembali hal-hal yang telah kita raih 10 tahun ke belakang. Berkomitmen menjaga keberlanjutan dari pencapaian tersebut, sekaligus membuat catatan peningkatan di masa-masa selanjutnya," sebutnya. 


Lebih lanjut, sesuai visi misi presiden Joko Widodo yaitu terwujudnya Indonesia maju, berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong royong, sektor transportasi juga telah membuktikan komitmennya untuk berkolaborasi mewujudkan konektivitas. 


"Sehingga seluruh wilayah Indonesia dapat terhubung, berdaulat dan meraih kemandirian ekonomi. Karena inilah maka pembangunan sektor transportasi menggunakan paradigma Indonesia sentris," kata Asmar. 


Dalam pidato itu, Menhub Budi Karya juga menjabarkan sejumlah infrastruktur yang telah berhasil dibangun oleh pemerintah, yakni ;


1. Sulawesi saat ini telah memiliki infrastruktur perkeretaapian.

2. Dari 27 pembangunan bandar udara baru, 23 di antaranya berada di luar pulau Jawa, dan

3. Ratusan pelabuhan telah dibangun di pulau-pulau terluar sehingga lebih terhubung.

4. Kereta cepat yang mampu melaju hingga 350km/jam dan memangkas waktu tempuh Jakarta-Bandung hanya 45 menit menjadikan Indonesia sebagai negara pertama di Asia Tenggara yang menerapkan teknologi ini.

5. Kereta tanpa masinis Lintas Raya Terpadu (LRT) tidak hanya dapat dinikmati di Jakarta namun juga di Palembang. 

6. Di ibu kota nusantara bahkan dapat merasakan hadirnya kereta otonom atau Autonomous Rail Rapid Transit (ART). Berbagai angkutan perkotaan modern ini tidak hanya nyaman namun juga ramah lingkungan sehingga menjadi wujud komitmen untuk berpartisipasi dalam gerakan global untuk mengurangi emisi khususnya dari sektor transportasi.

7. Transportasi modern serta digitalisasi sektor transportasi juga telah diterapkan di seluruh Indonesia.


Tidak hanya membanggakan, pencapaian tersebut juga meningkatkan layanan transportasi sehingga lebih efisien, efektif, nyaman, dan memudahkan masyarakat.

Penyediaan infrastruktur tersebut juga dibarengi dengan dukungan subsidi operasional sehingga dapat memberikan layanan yang terjangkau, merata dan berkeadilan," ungkapnya. 


"Kita perlu mensyukuri bahwa Indonesia telah layak bersanding dengan negara-negara maju lainnya di dunia," jelasnya. 


Pada kesempatan itu, Menteri Perhubungan menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh insan transportasi yang secara pribadi telah bekerja keras, mendedikasikan waktu dan tenaga serta berjuang menghadapi berbagai risiko demi memberikan layanan yang optimal. Para penjaga menara suar, penjaga perlintasan sebidang, pemandu penyeberang jalan, pengemudi, dan inspektur serta semua orang yang telah memastikan masyarakat dapat bertransportasi dengan selamat, aman dan nyaman.


"Saya berpesan kiranya seluruh pencapaian dan komitmen yang telah diwujudkan dalam 1 dekade ini dapat diteruskan secara berkelanjutan, dengan penuh integritas," ujarnya. 


"Selamat Hari Perhubungan Nasional 2024. Semoga ikhtiar kita bersama senantiasa mendapat ridho dari Allah. Indonesia Makin Terhubung, Satu Dekade Menghubungkan Indonesia," sebutnya. 


Asmar juga menyerahkan 1 unit mobil sarana transportasi darat transportasi pedesaan, dari dana alokasi khusus Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. 


Turut hadir unsur Forkopimda Kabupaten Kepulauan Meranti, sejumlah pejabat dan tamu undangan lainnya. 

Iklan

iklan