Iklan

iklan

Iklan

iklan
,

Iklan

iklan

Laskar Hijau Kuansing Gelar Aksi Penanaman Pohon Program Climate Innovation Generation 2024

JENDELA INFORMASI
September 27, 2024, 19:06 WIB Last Updated 2024-09-27T12:06:22Z


Kuantan Sengingi, Tingkap.info – Laskar Hijau Kuansing mengadakan aksi penanaman pohon di Cagar Budaya Rumah Godang Koto Sentajo, Kenegrian Sentajo, pada 25 September 2024. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Program Climate Innovation Generation (CIGPro) 2024 yang diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan Generasi Lingkungan, Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia.


Aksi penanaman pohon ini dihadiri oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Kuantan Singingi melalui Dinas Lingkungan Hidup, serta Pemerintah Desa Koto Sentajo, Kecamatan Sentajo Raya. 


Dalam sambutannya, Zaky Al Fadli, yang juga merupakan pendiri Laskar Hijau Kuansing, menyampaikan bahwa penanaman pohon ini adalah bentuk nyata kepedulian pemuda terhadap lingkungan. Menurutnya, pohon-pohon yang ditanam tidak hanya akan membantu meningkatkan kualitas udara di kawasan Cagar Budaya Rumah Godang, tetapi juga memberikan manfaat jangka panjang bagi masyarakat melalui hasil buah yang bisa dinikmati di masa mendatang.


“Kami memilih menanam bibit pohon buah-buahan seperti matoa, lengkeng, cempedak hutan, rambutan, dan jambu. Selain memperbaiki kualitas udara, pohon-pohon ini nantinya akan menghasilkan buah yang dapat dinikmati oleh masyarakat, terutama saat momen Lebaran Idul Fitri ketika banyak sanak saudara berkumpul di kawasan Rumah Godang," ungkap Zaky.


Selain di Cagar Budaya Rumah Godang, aksi penanaman pohon juga dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Attanwir, Kecamatan Sentajo Raya, pada 26 September 2024.


Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kuantan Singingi yang diwakili oleh Trandianto memberikan apresiasi terhadap kegiatan positif ini. Ia berharap aksi penanaman pohon semacam ini bisa terus berlanjut di masa mendatang dan menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk lebih peduli terhadap lingkungan.


"Pemerintah sangat mendukung aksi penghijauan ini, dan kami berharap kegiatan ini bisa terus berlanjut ke depannya. Penanaman pohon tidak hanya bermanfaat untuk lingkungan, tetapi juga untuk keindahan dan kelestarian cagar budaya kita," kata Trandianto.


Sekretaris Desa Koto Sentajo yang turut hadir juga menyampaikan apresiasinya kepada Laskar Hijau Kuansing atas inisiatif mereka dalam menghijaukan kawasan cagar budaya. Ia berharap, dengan adanya penanaman pohon ini, lingkungan di sekitar Rumah Godang akan menjadi lebih asri dan indah.



Aksi penanaman pohon ini melibatkan penanaman sebanyak 50 bibit pohon buah, di antaranya matoa, lengkeng, cempedak hutan, rambutan, dan jambu. Kegiatan tersebut juga diikuti oleh para pemuda-pemudi dari berbagai kecamatan di Kabupaten Kuantan Singingi serta siswa-siswi Madrasah Ibtidaiyah Attanwir. 


Perlu diketahui Salah satu peserta yang berhasil lolos seleksi untuk mengikuti program ini adalah Zaky Al Fadli, putra asli Kuantan Singingi, yang mengikuti pelatihan di Jakarta dan Kepulauan Seribu pada 22-25 Agustus 2024.


Melalui kegiatan ini, Laskar Hijau Kuansing berharap dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga lingkungan serta memberi manfaat nyata bagi generasi mendatang. 

Iklan

iklan