Iklan

iklan

Iklan

iklan
,

Iklan

iklan

Kwarcab Pramuka Kepulauan Meranti Gelar Sosialisasi Akreditasi Gugus Depan

JENDELA INFORMASI
Oktober 10, 2024, 18:46 WIB Last Updated 2024-10-10T22:49:16Z


Meranti, Tingkap.info - Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Kepulauan Meranti menggelar Sosialisasi Akreditasi Gugus Depan tahun 2024, di Aula Kantor Bupati, Kamis (10/10/2024).


Kegiatan itu dibuka langsung oleh Pjs Bupati Kepulauan Meranti, melalui Asisten Bidang Administrasi Umum Setdakab, Sudandri Jauzah. 


Dalam arahannya, Sudandri yang juga selaku Wakil Ketua Organikum Kwarcab menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas terlaksananya sosialisasi tersebut. 


"Gerakan Pramuka memiliki peran menumbuhkan tunas bangsa menjadi generasi yang dapat menjaga keutuhan persatuan dan kesatuan bangsa, memiliki watak dan budi pekerti luhur," ujarnya.


Tidak hanya itu, dia mengatakan Gerakan Pramuka mempunyai pengaruh yang besar terhadap pembentukan karakter kaum muda. Oleh karena itu, Presiden Republik Indonesia mencanangkan revitalisasi gerakan pramuka pada tahun 2006 silam hingga akhirnya, pemerintah mengatur sistem Pendidikan Gerakan Pramuka dalam Undang-undang nomor 12 tahun 2010.


"Dengan harapan pendidikan pramuka mampu menyelamatkan generasi muda dari ancaman pribadi yang tidak sesuai dengan adat istiadat, serta terhindar dari sikap yang kurang baik," harap Sudandri.


Lebih jauh, Sudandri menyebutkan, berbagai macam telah dilakukan untuk meningkatkan kualitas kepramukaan di Kabupaten Kepulauan Meranti. Diantaranya melalui beragam kegiatan, pelatihan keterampilan, perkemahan dan kegiatan sosial lainnya yang bermanfaat bagi masyarakat.


"Untuk memastikan segala kegiatan kepramukaan yang telah kita lakukan ini nantinya berkualitas, maka kita lakukan sosialisasi akreditasi ini, guna menilai dan memperbaiki segala aspek di tubuh gerakan pramuka itu sendiri," terangnya. 


Terakhir, Sudandri juga berharap partisipasi Camat selaku Mabiran Gerakan Pramuka di tingkat kecamatan, sehingga kegiatan Kwarcab dalam melaksanakan amanat UU ini dapat terlaksana dengan sukses. 


"Dengan begitu tujuan kwaran-kwaran yang ada di lingkungan Kwarcab Kabupaten Kepulauan Meranti benar-benar berkualitas seperti kwarcab lainnya di Provinsi Riau dan Indonesia umumnya," harap Sudandri. 


Sebelumnya, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Kepulauan Meranti, Hj. Ismiatun, menyampaikan tujuan sosialisasi itu untuk menjamin gugus depan terakreditasi dan memenuhi standar mutu yang ditetapkan oleh Kwartir Nasional. Dengan begitu, mampu memberikan perlindungan bagi masyarakat dari penyelenggaraan pendidikan kepramukaan yang tidak memenuhi standar.


"Ini bukan hanya sekadar kewajiban, tetapi juga sebagai bentuk komitmen kita untuk menciptakan generasi muda yang tangguh, berkarakter, dan siap menghadapi tantangan masa depan," katanya 


Ismiatun berharap melalui sosialisasi itu, seluruh anggota pramuka, baik pembina maupun peserta didik dapat memahami tujuan dan manfaat dari akreditasi tersebut.

Iklan

iklan